PEMANFAATAN MASJID JAMI’ KRANJI SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran kontekstual merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang sangat baik dalam pembelajaran IPS karena selalu berbasis lingkungan lokal.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sumber pembelajaran IPS dengan memanfaatkan masjid Jami’ Kranji Pekalongan dalam bentuk CD Pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan metode Research and Development (R & D). Objek utama penelitian ini adalah masjid Jami’ Kranji Pekalongan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Uji objektivitas data dilaksanakan dengan teknik triangulasi metode. Data penelitian dianalisis dengan flow analysis models. Berdasarkan hasil analisis data, dapat ditarik simpulan sebagai berikut: (1) masjid Jami’ Kranji Pekalongan dengan berbagai ciri dan karakteristiknya memiliki nilai kesejarahan yang tinggi; (2) masjid Jami’ Kranji Pekalongan telah menjadi sumber inspirasi dalam membentuk sikap dan perilaku masyarakat sekitarnya; (3) masjid Jami’ Kranji Pekalongan dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran IPS dalam bentuk CD Pembelajaran; (4) CD Pembelajaran IPS dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran IPS.Untuk kepada guru IPS disarankan untuk selalu kreatif dan inovatif dalam mengembangkan sumber pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar lokal dan kepada kepala sekolah untuk selalu memfalitasi kebutuhan para guru IPS dalam mengembangkan sumber belajar.
Abstract. The purpose of this study is for develop learning resources in ways: (1) collect data and analyze the Kranji Mosque as a source of learning that includes: a). Interview, b). Questionnaire, c). observation, and d). data analysis, (2). Learning to design the product CD and (3) produces a rich product CD of Learning. The study was conducted with qualitative approaches and methods Research and Development (R & D). The result is that the CD Masjid Kranji can be created learning outcomes and learning activities of students is very high. From the results mentioned above fieldwork concluded: (a). Kranji Mosque can be used as a source of learning social studies in the history of MTs Negeri Buaran Pekalongan effectively and efficiently with a CD of Learning, (b). The results of the application of learning CD mosque Kranji showed improved quality and effectiveness of student learning. (c). Constraints in the development of learning-based IPS seajarah local sites is the lack of appropriate human resources. While the suggestions may be submitted: (1). Teachers to be diligent in improving its human resources in order to reach a professional teacher. (2). Determinants of policy in order to motivate teachers to become professional teachers.