Abstract

Abstract

Studi interaksi sosial antar umat beragama ini mengungkap: Proses sosial dalam interaksi sosial umat Hindu dan umat Islam. Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat terjadinya interaksi sosial. Faktor-faktor yang menentukan pola interaksi sosial antara umat Hindu dan Islam. Saluran-saluran sosial budaya yang strategis untuk membangun interaksi sosial antara umat Hindu dan umat Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Proses sosial interaksi yang umum ditemukan adalah gotong royong dan tolong menolong, akomodasi melalui toleransi, dan asimilasi. Faktor-faktor yang mendorong terjalinnya interaksi sosial budaya kejawen, kerabat dan faktor ekonomi, sedangkan faktor penghambat interaksi sosial adalah: komunikasi, masalah mayoritas dan minoritas. Faktor yang mempengaruhi pola interaksi adalah faktor budaya dan faktor ekonomi. Saluran efektif yang membangun interaksi sosial adalah upacara keagamaan, upacara inisiasi, kegiatan sosial budaya. Saran dalam penelitian ini adalah Pola-pola Interaksi sosial yang sudah berjalan dengan baik terus dipertahanka,  bentuk stigma minoritas perlu dihilangkan, dan saluran-saluran kominikasi yang menghambat perlu dibuka, dengan secara terus menerus melakukan berbagai kominkasi dalam menghadapi persoalan.

 

The study of social interaction among religious believers is revealed: Social processes in social interaction of Hindus and Muslims. Factors that encourage and inhibit the occurrence of social interaction. Factors that determine the patterns of social interaction between Hindus and Islam. Socio-cultural channels strategically to build social interaction between Hindus and Muslims. The results of study showed that: The process of social interaction commonly found is mutual cooperation and mutual help, accommodation through tolerance and assimilation. Factors that encourages social interaction Javanese culture, Family and economic factors, while the factors inhibiting social interaction are: comunication, the majority and minority issues. Factors that affect patterns of interaction are cultural dan economic factors. Effective channels that build social interaction are a religious ceremony, initiation ceremony, socio-cultural activities.