Abstract

Hasil belajar mempunyai fungsi sebagai indikator untuk mengetahui sejauh manakompetensi yang telah dikuasai oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui, menganalisis dan mengkaji pengaruh motivasi, sikap, lingkungankeluarga dan lingkungan sekolah secara parsial dan secara simultan terhadap hasilbelajar mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampelpenelitian ini berjumlah 161 siswa kelas VIII. pengumpulan data melalui angketdan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis Regresi LinierSederhana dan Berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yangsignifikan antara motivasi dan hasil belajar sebesar 8,47%, (2) ada pengaruh yangsignifikan antara sikap dan hasil belajar sebesar 18,57%, (3) ada pengaruh yang signifikanantara lingkungan keluarga dan hasil belajar sebesar 10,62%, (4) ada pengaruhyang signifikan antara lingkungan sekolah dan hasil belajar sebesar4,28%, dan(5) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi, sikap, lingkungan keluarga, danlingkungan sekolah dan hasil belajar IPS kelas VIII di MTs N 02 Semarang secarabersama-sama sebesar 49,3%.

 

Learning outcomes has the function as an indicator to determine the extent of competencethat has been mastered by the student. The purpose of this study is to investigate, analyzeand assess the influence of motivation, attitude, family environment and school environmentpartially and simultaneously to the learning outcomes of the eye social studies. This study usesquantitative methods. The study sample totaled 161 eighth grade students. collection of datathrough questionnaires and documentation. Analysis of the data using the Simple LinearRegression analysis and Regression. The results showed (1) no significant relationship betweenmotivation and learning outcomes of 8.47%, (2) no significant relationship between attitudesand learning outcomes of 18.57%, (3) no significant relationship between family environmentand learning outcomes of 10.62%, (4) no significant effect between school environment andlearning outcomes sebesar4,28%, and (5) no significant effect between motivation, attitude,family environment, and the school environment and the results of social studies classes VIIIin MTs N 02 Semarang together amounting to 49.3%.