PENGARUH BUDAYA BELAJAR, STRATEGI PENGAJARAN DOSEN, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UKSW
Abstract
Alasan diadakannya penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam hasil belajarmahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UKSW yang tidak sesuai dengan harapan.Lebih lanjut, penelitian ini bertujuan untuk mencari determinan dari hasil belajaryang buruk tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif asosiatifkorelasional dengan variabel bebas yang diteliti adalah budaya belajar dan strategipengajaran, selanjutnya motivasi menjadi variabel intervening, dan hasil belajarsebagai variabel dependen. Pengumpulan data dilakukan dengan angket (questioner)yang diperkuat dengan wawancara. Angket divalidasi dengan teknik correcteditem-total correlation, dan diuji reliabilitasnya dengan cronbach alpha. Data yangterkumpul kemudian dianalisis dengan teknik regresi linear sederhana, dan regresilinear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel bebas yangditeliti berpengaruh terhadap hasil belajar baik secara individual maupun secarabersama-sama. Untuk itu, disarankan kepada dosen untuk mengoptimalkan pengajaranyang dilakukannya. Selain itu, mahasiswa perlu dibudayakan utuk belajardengan kebiasaan yang baik sejak awal tahun mereka menjadi mahasiswa.
Â
Problems in student learning outcomes FKIP SWCU Economic Education that is not in linewith expectations became reason of this research. Therefore, the purpose of this research isto investigate the determinants of the poor learning outcomes. The approach of this researchis quantitative-associative correlational research with dependen variables in this research islearning culture and teaching strategy, then motivation became intervening variable, andlearning outcame as dependent variabel. The results showed that all the independent variablesaffects the learning outcomes, both individually and jointly. Based on the results, it can beconcluded that the most influential variables on learning outcomes is a learning culture andteaching strategies. Therefore, it is recommended to lecturer to optimize the teaching. In addition,the student needs to be cultivated weeks to learn good habits from the beginning of theyear they become students.