Ahmadi, A. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Alimi, M. Y. (2011). Tubuh, Ilmu Sosial dan Ruang Publik Masyarakat Muslim. Forum Ilmu Sosial, 38(1).
Bain. (2010). Penanaman Nilai-nilai Moralitas pada Anak Dini usia (Studi kasus pada Sebuah Lembaga Pendidikan TK di Semarang). Forum Ilmu Sosial, 37(2). Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/FIS/article/view/1531
BNSP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: BNSP.
Hardati, P., et al. (2010). Pengantar Ilmu Sosial. Semarang: Widya Karya.
Indiyani, N. E., & Listiara, A. (2006). Efek-tivitas Metode Pembelajaran Gotong Royong (Cooperative Learning) untuk Menurunkan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Pelajaran Matematika (Suatu Studi Eksperimental pada Siswa di SMP 26 Semarang). Jurnal Psikologi, 3(1), 10-28. Retrieved from
https://www.ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/688
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Natakusuma, A., Suroso, & Hardati, P. (2017). Pengaruh Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Pekalongan. Edu Geography, 5(3). Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/19069
Prastini, M., & Retnowati, T. H. (2014). Peningkatan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS melalui Model Kooperatif TGT di SMPN 1 Secang. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2). Retrieved from
https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/2438
Rachman, M. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Moral dalam Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Campuran, Tindakan dan Pengembangan. Semarang: UNNES Press.
Rachman, M. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter Berwawasan Konservasi Nilai-nilai Sosial. Forum Ilmu Sosial, 40(1). Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/FIS/article/view/5497
Rachman, M., & Lestari, P. (2017). Pendidikan dan Pembinaan Karakter Bangsa. Semarang: Fastindo.
Rifa’i, A., Prajanti, S. D. W., & Alimi, M. Y. (2017). Pembentukan Karakter Nasionalisme melalui Pembelajaran Pendidikan Aswaja pada Siswa Madrasah Aliyah Al Asror Semarang. Journal of Educational Social Studies, 6(1), 7-19. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/16250
Rochmanto, Y. (2014). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII dengan Memanfaatkan Facebook sebagai Media Pembelajaran. Journal of Educational Social Studies, 4(1). Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/6866
Rohman, A. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.
Sidi, P., & Sudrajat, A. (2014). Pembelajar Model STS Berbantuan Media untuk Meningkatkan Aktivitas, Sikap, dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2). Retrieved from
https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/2439
Solihatin, E., & Rahardjo. (2009). Cooperatif Learning: Analisa Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved from
https://scinapse.io/papers/179972502
Subagyo. (2012). Pendidikan POLRI sebagai Pembangun Polisi Sipil (Studi pada Akademi Kepolisian). Forum Ilmu Sosial, 39(1).
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/FIS/article/view/5416
Sunarjan, Y. Y. F. R. (2014). Survival Strategi Komunitas Makam Gunung Brintik Semarang. Dissertations. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana. Retrieved from
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9266
Wahyuni, T. (2012). Implementasi Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share pada Pembelajaran IPS. Journal of Educational Social Studies, 1(2). Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/742
Wartini, I. A. K. M., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2014). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn di Kelas VI SD Jembatan Budaya, Kuta. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1). Retrieved from
http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1466
Zamroni. (2007). Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi: Prakondisi Menuju Era Globalisasi. Jakarta: PSAP Muhammadiyah.