Pemanfaatan Situs Masjid Agung Demak sebagai Sumber Belajar Sejarah bagi Siswa SMA di Kabupaten Demak
Abstract
Pembelajaran sejarah lokal sangat strategis sebagai sarana pengembangan nilai-nilai cinta tanah air dan budaya daerah. Nilai-nilai yang terkandung pada situs Masjid Agung Demak telah dimanfaatkan oleh sebagian SMA negeri di Kabupaten Demak. Kenyataan tersebut menjadi dasar penelitian mengenai pemanfaatan situs tersebut sebagai sumber belajar sejarah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui relevansi guru memanfaatkan situs tersebut sebagai sumber belajar sejarah, strategi para guru memanfaatkan situs tersebut, mengetahui faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran dan faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan situs tersebut sebagai sumber belajar sejarah di SMA di Kabupaten Demak. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMA negeri sekabupaten Demak yang berjumlah 11 sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara statistik deskriptif analisis kualitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh dari pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan situs tersebut memberikan pengaruh yang positif terhadap pengetahuan, perilaku dan kreatifitas siswa, Selain itu siswa juga mampu mengimplemetasikan nilai-nilai yang terdapat pada materi sejarah Masjid Agung Demak. Strategi pemanfaatan situs tersebut sebagai sumber belajar sejarah di SMA Kabupaten Demak dapat dilakukan dengan cara survey, field trip dan mengundang narasumber, factor-faktor yang menghambat adalah kesesuaian dengan alokasi waktu dan biaya, sedangkan yang mendukung yaitu dukungan sekolah, sikap, keterampilan dan kemauan guru, dan keluwesan atau fleksibilitas dalam penggunaannya.
Pemanfaatan situs tersebut sangat relevan dengan pembelajaran sejarah terutama di Demak yang memiliki banyak benda-benda peninggalan sejarah. Untuk mendukung proses pembelajaran sejarah guru merancang desain pembelajaran yang diintegrasikan dengan materi pembelajaran sejarah Kerajaan Demak, kehidupan masyarakat dan situs-situs peninggalannya, sehingga pembelajaran sejarah dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap pengetahuan, perilaku dan kreatifitas siswa. Saran guru hendaknya memanfaatkan peninggalan sejarah sebagai sumber belajar harus direncanakan secara baik, sistematis dan terprogram, disesuaikan dengan materi pelajaran serta dituangkan dalam persiapan mengajar.
Local history learning was very strategic as a means of developing the values of patriotism and local culture. The values implied on site of Demak Great Mosque has been used by most of the state high school in Demak. The fact became the basic of the author’s interest in conducting research on utilizing the site of Demak Great Mosque as a learning resource of History.The goal of this study was to determine the relevancy of the teachers who utilized that site as a learning source of history, teachers strategies in utilizing and knowing the factors that supported the implementation of learning and that ofhindered the implementation of learning by utilizing that site as a learning resource of history in senior high school in Demak. it ware a qualitative descriptive research . It was conducted in the state high schools in Demak with amount of 11 schools. The technique of collecting data used questionnaires, observation, interviews and documentation. Statistical data analysis techniques used qualitative analysis descriptive.
The results of this research was obtained in the teaching of history by utilizing that site provided a positive influence on knowledge, behavior and student creativity. In addition students were also able to implement the values implied in the historical material of that site. Utilizing strategy of that site as a learning resource of history in senior high school in Demak could be done by means of surveys, field trips and inviting speakers. The obstructed factors ware the compliance with the allocation of time and costs, factors which supported was support from schools, attitudes, skills and willingness of teachers and the flexibility or versatility in its usage.
The utilization of the site of Demak Great Mosque highly relevant to the teaching of history, especially in the city of Demak wich had many historical relics. To support the learning process of history, Historical teachers designed the learning that integrated with historical learning material of the kingdom of Demak, community life and relics sites, so that the historical learning could provide a positive influence on students knowledge, behavior and creativity. Teachers suggestions should utilize the historical heritage as a learning resource should be planned well, systematic and programmed, adapted to the subject matter and stated in the teaching preparation.