KONSTRUKSI SOSIAL ORANG TUA TENTANG PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ANAK KELUARGA NELAYAN
Abstract
Konstruksi sosial orang tua tentang pendidikan merupakan konsep pendidilan formal yang dibangun oleh orang tua dalam keluarga terhadap anak dengan menyertakan faktor sosial budaya masyarakat. Pola asuh yang tepat akan membentuk kepribadian dan perilaku sosial yang baik pada anak. Orang tua dalam keluarga nelayan di Desa Muarareja Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal memandang pendidikan tidak penting, selain itu ditemukan perilaku sosial anak yang menyimpang. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mengkaji tentang konstruksi sosial orang tua tentang pendidikan anak keluarga nelayan di Desa Muarareja, (2) mengkaji pola asuh anak keluarga nelayan di Desa Muarareja, (3) mengkaji Pola Asuh keluarga nelayan terhadap perilaku sosiak anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif meliputi reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konstruksi sosial orang tua tentang pendidikan anak yang masih rendah, kurang perhatian orang tua terhadap pendidikan anak, (2) Pola asuh anak keluarga nelayan menerapkan pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif, (3) Pola asuh keluarga nelayan terhadap perilaku sosial anak. Pola asuh otoriter dan demokratis akan membentuk perilaku sosial yang sesuai dengan norma, sedangkan pola asuh permisif akan membentuk perilaku sosial yang tidak sesuai dengan norma.
The social construction of parents on education is the concept of formal education which was built by the family parents of children to include social and cultural factors. Appropriate parenting will shape the personality and good social behavior in children. Some parents in a family of fishermen in the village Muarareja Western District of Tegal Tegal saw education is not important. Also found child deviant social behavior. The results showed that: (1) the construction of the parents about the child's education on their children's education is still low, less parental supervision of children's education, (2) the pattern of parenting practiced by families of fishermen to their children apply authoritarian parenting, democratic, and permissive, (3) parenting practiced by families of fishermen form the social behavior of children. Authoritarian parenting and will form a democratic social behavior in accordance with the norms, while permissive parenting will shape social behavior that does not comply with the norm (deviant behavior).