GAYA HIDUP REMAJA KELAS MENENGAH KOTA PEKALONGAN
Abstract
Derasnya arus globalisasi dan modernisasi membawa dampak pada berubahnya gaya hidup masyarakat di Kota Pekalongan. Perubahan gaya hidup ini sering dialami oleh remaja, khususnya remaja yang berasal dari golongan ekonomi kelas menengah. Hal ini disebabkan karena remaja tersebut memiliki modal yang cukup dari pendapatan ekonomi orang tuanya. Penelitian ini mengambil lokasi di Kota Pekalongan dengan pertimbangan bahwa kota ini adalah salah satu kota kelas menengah yang mempunyai keunikan tersendiri. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pendidikan keluarga keluarga kelas menengah, sekolah dan masyarakat. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pergaulan, perilaku konsumsi dan komunikasi remaja kelas menengah yang akan menggambarkan gaya hidupnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memanfaatkan teknik analisis data interaktif dalam pembahasannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup remaja kelas menengah yang terlihat dari pergaulan, pilihan konsumsi dan komunikasi merupakan cerminan hasil dari pendidikan yang dilakukan oleh keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat.
The rise of globalization and modernization bring the effect to the changes of the lifestyle in the people of Pekalongan. These lifestyle changes are often experienced by teenagers, especially young people who come from the middle-class economy. These happen because they have sufficient capital from their parent income. This study took place in Pekalongan considering that this city is one of the middle-class cities that has its own uniqueness. The purpose of this research is to determine the educational pattern of the family, school and the community from the middle-class. In addition this research is conducted to determine the social intercourse, consumption behavior and the communication of the middle-class teenagers which will describe their lifestyle. The method used in this research is a qualitative research by using interactive data analysis techniques to the discussion. The result of the research showed that the lifestyle of middle-class teenager which can be seen from the social intercourse, the choice of consumption and communication are a reflection of the education result by the family, school and society environment.