Tingkat Organisme kehidupan. Skripsi. Semarang:Unnes.
http://en.wikipedia.org/wiki/E-book di unduh pada tanggal 11 Desember 2014 jam 08:10
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi
Mahastya Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pendidikan. Jakarta: Refrensi Jakarta
Azwar, Saifudin. 2011. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Catarina, Tri Anni. Et al. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang : UPT MKK Unnes
Daryanto. 1993. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar mengajar: Jakarta : Rineka Cipta
Fauziyah, Resti.2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi
Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal INVOTEC volume IX, No 2, Agustus 2013: 165-
178
Hake, Richard. 1998. Interactiveengagement versus traditional methods:A sixthousand-
student survey of mechanics test data for introductory physics courses. Departement of physic, Indiana university, Bloomington, Indiana 47405
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem.
Jakarta: PT Bumi Aksara Hasbullah.2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: raja grafindo
Herlina, 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Lingkungan Kelas VII
SMP. Skripsi. Semarang: UNNES
Kemp, Dayton. 1985. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kemendikbud. 2013.Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013.
------------------. 2013.Permendikbud No. 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta
Kusnandar. 2005. Teknodik desember 2005. Jakarta: Pustekom
Kurniawati, D. 2010. Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa
dalam pembelajaran Matematika Melalui Model cooperative learning Tipe kepala bernomor
Terstruktur pada Siswa SMP 2 Sewon Bantul. Skripsi. Jurusan pendidikan matematika.
Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam. Skripsi. Universitas Yogyakarta.
Marshall (2002) cites the conclusions of Wiman and Mierhenry (1969), extending Dale’s
“Cone of Experience,†(pp. 7-8)
Mudjiman, H. 2009. Managemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Musfiqon, M. 2012. Pengembangan media dan sumber pembelajaran, Jakarta : prestasi
pustakarya
Kocman, Mugla Sitki. 2013. The effective presentation of inquiry-based classroom experiments using teaching strategies that employ video and demonstration methods. Australasian Journal of Educational Technology, 2013, 29(3).
Nur’aini. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Cipta media.
Onasanaya, S.A.2004. Selection and Utilization of Instructional Media for Effective
Practice, Institute Journal Studies in Educational Vol.2 No.1 juni 2004, issn0795-2199
Purwanto, M.Ngalim. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya
Putri, P. 2012. Aplikasi TIK dalam Perpustakaan, Bandung: Perpustakaan
Universitas Pendidikan Indonesia, Online at http://perpustakaan.upi.edu/index.php?option
=com_content&view=article&id=79&Itemid=214(diakses tanggal 24 desember 2014)
Qohar, Abd.2011. Kemandirian Belajar Matematika Siswa Smp Dalam Pembelajaran
Matematika dengan Pendekatan Reciprocal Teaching. Jurnal pendidikan matematika volume 2
no 2
Rivai dan Sudjana. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sadiman, Arief. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Setyono, Budi. 2009. Media Video dalam Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Silabus SMK Negeri 02 Jepara Simarmata, Janner. 2006. Pengenalan Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi
- Abstract viewed - 1194 times
- PDF downloaded - 1080 times
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Affiliations
Muizzah Atvi Nurmalia
Prodi Pendidikan IPS Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
Rodia Syamwil
Prodi Pendidikan IPS Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
Bambang Endroyo
Prodi Pendidikan IPS Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
How to Cite
PENGEMBANGAN E-BOOK PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC KOMPETENSI KEAHLIAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT UNTUK SMK PAKET KEAHLIAN TATA BUSANA
Vol 5 No 1 (2016): Juni 2016
Submitted: Feb 27, 2017
Published: Feb 27, 2017
Abstract
E-book adalah buku digital yang di dalamnya terdapat materi macam-macam saku, gambar langkah kerja proses pembuatan saku, video proses pembuatan saku disertai suara narasi langkah pembuatan saku, terdapat posttest teori dan progam yang telah dikembangkan dengan adobe flash CS 6 yang akan di publish dalam bentuk application berformat EXE. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau dikenal dengan metode Research and Development. Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan pengujian. Pengujian yang dilakukan berupa validasi yang dilakukan oleh expert judgement atau ahli media dan materi, kemudian media di uji coba oleh peserta didik. Hasil penelitian ini e-book yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak menurut penilaian pakar atau ahli media, e-book yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar, e-book yang dikembangkan memiliki nilai kepraktisan dengan kategori baik. Saran dalam penelitian ini adalah penelitian ini disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran praktek, e-book pembelajaran berbasis scientific dapat diadaptasi untuk mengembangkan kompetensi keahlian lainnya sebagai sumber belajar tambahan.