Abstract

Tujuan penelitian adalah memperoleh perangkat pembelajaran kewirausahaan berbasis CTL pokok bahasan perencanaan usaha efektif. Metode penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan modifikasi model Plom. Jenis perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Buku Siswa, LKS, dan Tes Hasil Belajar. Subyek uji coba adalah siswa kelas XI SMK Al Falah Songgom Brebes, yang dibagi dalam tiga kelas, yaitu: 1 kelas uji coba soal THB, 1 kelas uji coba perangkat dan 1 kelas kontrol. Data penelitian diperoleh melalui: (1) lembar validasi; (2) pengamatan, (3) tes hasil belajar. Data tersebut digunakan untuk: (1) mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran; (2) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran berdasarkan ketuntasan hasil belajar, adanya pengaruh aktivitas siswa terhadap prestasi belajar siswa, dan membandingkan prestasi belajar kelas uji coba perangkat dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran kewirausahaan pokok bahasan perencanaan usaha efektif. Efektifitas ditandai dengan (a) tercapainya KKM hasil belajar siswa secara klasikal lebih dari atau sama dengan 75% dan individual lebih dari atau sama dengan 65; (b) hasil belajar siswa dipengaruhi oleh aktivitas siswa sebesar 4,8%;  (c) rata-rata prestasi belajar kelas uji coba perangkat lebih baik daripada prestasi belajar kelas kontrol.

 

The goals of the research are to get a valid learning instrument of entrepreneurship based on CTL topic business planning is effective. The research type is the research developing the implementation of modified-Plom. Developed learning instruments consist of Syllabus, Lesson Plan, Students Book, students work sheet (LKS) and the test. The subjects are eleventh (XI) grade of SMK Al Falah Songgom Brebes, devided into three clases : class for the test materials, class for learning instrument and a control class. The research data are collected from, validation sheet, observation sheet, and the test. The data are used for (1) measuring the validity of the learning instrument; (2) investigating the effectiveness of the learning instrument based on mastery learning, the impacts of the students’ activity on their learning achievement, and (3) comparing the learning achievement for learning instrument class with control class. The research has implemented The effectivenesses are indicated: a) an achievement of minimal throughness criteria (KKM)  up to/equal  75% and individual up to/equal  65; b) student learning outcomes are influenced by the activity of students was 4.8%, and c) an average learning achivement of learning instrument class is better than the control class  achievement.