Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Mandiri Berbasis E-modul dengan Daring Scaffolding

Main Article Content

Grifit Afif

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar melalui penerapan pembelajaran mandiri berbasis e-modul dengan daring scaffolding. Metode penelitian ini menggunakan metode kombinasi desain sequential explanatory untuk menjawab rumusan masalah dengan metode kualitatif dan kuantitatif secara berurutan. Sampel diambil dari dua kelas dengan teknik purposive sampling dari populasi kelas VIII SMPN 15 Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa diperoleh hasil siswa dengan kemandirian belajar tinggi mampu menguasai semua indikator kemampuan pemecahan masalah, siswa dengan kemandirian belajar sedang mampu mengusai empat indikator, sedangkan siswa dengan kemandirian rendah mampu menguasai satu indikator; dan (2)pembelajaran mandiri berbasis e-modul dengan daring scaffolding memenuhi kriteria pembelajaran berkualitas yaitu instrumen penelitian memiliki nilai rata-rata validasi dengan kriteria sangat baik, pelaksanaan pembelajaran memperoleh presentase penilaian 90% dengan kategori sangat baik, hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran mandiri berbasis e-modul dengan daring scaffolding mencapai ketuntasan belajar sebesar 88%, terdapat pengaruh positif antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran mandiri berbasis e-modul dengan daring scaffolding sebesar 70%.

Article Details

How to Cite
Afif, G. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Mandiri Berbasis E-modul dengan Daring Scaffolding. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 300-313. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id./sju/prisma/article/view/66928
Section
Articles

References

Adams, N., Hayes, C., Dekkers, A., Elliott, S., & Atherton, J. (2012). Obtaining learning independence and academic success through self-assessment and referral to a Mathematics Learning Centre. The International Journal of the First Year in Higher Education, 3(2).
Artiani, R. Fery. (2016). Analisis Kreativitas Matematis Model Wallas dan Kemandirian Siswa SMK Pada Pembelajaran Materi Program Linear Dengan Discovery Learning. Tesis Unnes.
Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA Konten Geometri. Jurnal Numeracy, 7(2), 192-206.
Astutiani, R., Isnarto, Isti Hidayah. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Seminar Nasional Pascasarjana.
Bozpolat, E. (2016). Investigation of the self-regulated learning strategies of students from the faculty of education using ordinal logistic regression analysis. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 16(1), 301–318.
Câmara, A., Roy, N., Maxwell, D., & Hauff, C. (2021). Searching to Learn with Instructional Scaffolding. In CHIIR 2021 - Proceedings of the 2021 Conference on Human Information Interaction and Retrieval (pp. 209–218). Association for Computing Machinery, Inc.
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2).
Hastuti, E., Ahmad, A., & Yaspin, Y. (2022). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lubuklinggau. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 8(1), 27-32.
Kirkman, S., Coughlin, K., & Kromrey, J. (2007). Correlates of satisfaction and success in self-directed learning: Relationships with school experience, course format, and Internet use. International Journal of Self-directed learning, 4(1), 39-52.
Legiman, A. (2021). Peningkatan Disiplin Dan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Tatap Muka Masa Pandemi Covid 19 Dengan Tugas Terstruktur. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 28–33. Retrieved from https://www.jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/5967
Ley, T., Kump, B., & Gerdenitsch, C. (2010). Scaffolding Self-directed Learning with Personalized Learning Goal Recommendations Scaffolding Self-directed Learning with Personalized Learning Goal Recommendations Self-directed learning ( SDL ) has gained importance both in higher education as well, (June).
Muhibbin, S. (2011). Psikologi Pendidikan Dengan Pendidikan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurul Meilisa Putri, Susanti, & Fitria. (2022). Penerapan Metode Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Aljabar Siswa SMP. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 222–230. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1906
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Priyanto, A., Suharto & Trapsilasiwi, D. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori 8 Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa UNEJ, 1(1), 1-5
Republik Indonesia, P. & KEMENKUMHAM. (2021). P. P. R. I. N. 57 T. 2021 tentang S. N. Pendidikan. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, (102501), 1–49.
Retnodari, Wahyuning., Widanty F., E., & Selvi Loviana. (2020). Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika. Linear: Journal of Mathematics Education, 1(1), 15-21.
Riyanti, Y. W. S. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309–1317.
Rizki, A., & Isnani. (2015). Efektivitas Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadership (Sthl) Dan Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Ketuntasan Belajar Mahasiswa Dalam Matakuliah Analisis Real Di Program Studi Pendidikan Matematika Fkip Universitas Pancasakti Tegal. Dialektika Pendidikan Matematika, 2(2), 1–9.
Setayawan, A. D., Djoko, P., & Farida, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear pada Masa Pandemi Covid-19. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(4), 296–302.
Siswono, T. Y. E. (2014). Permasalahan Pembelajaran Matematika dan Upaya Mengatasinya, 1–9.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. PT Remaja Rosdakarya (p. 25). Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukestiyarno. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Semarang: Alem Print.