Desain E-LKPD Berbasis Model Discovery Learning Materi Statistika untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis

Main Article Content

fitni fitni

Abstract

Kemampuan literasi matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh seorang peserta didik. Model discovery learning merupakan model pembelajaran yang dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain E-LKPD berbasis model discovery learning yang diharapkan mampu memfasilitasi kemampuan literasi matematis peserta didik serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran luring maupun daring. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) sampai tahap design. Tahap analyze diperoleh hasil bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik masih rendah sehingga dibutuhkan E-LKPD yang mampu memfasilitasi kemampuan literasi matematis. Langkah-langkah model discovery learning yang terdiri dari 6 tahapan dikombinasikan dengan indikator kemampuan literasi matematis yaitu memformulasikan situasi matematika; menggunakan konsep matematika, fakta, prosedur, dan penalaran; dan menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika. Pada tahap design berhasil terwujud desain E-LKPD berbasis model discovery learning materi statistika yang mampu memfasilitasi kemampuan literasi matematis peserta didik. Hasil dari tahapanĀ  ini dinamakan produk awal E-LKPD.

Article Details

How to Cite
fitni, fitni. (2023). Desain E-LKPD Berbasis Model Discovery Learning Materi Statistika untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 290-299. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id./sju/prisma/article/view/66927
Section
Articles

References

Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan matematik siswa smp pada materi statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-7.
Diyarko, D. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Metakognisi Dalam Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Lembar Kerja Mandiri Mailing Merge. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 70-80.
Istiqomah, A. N., & Suparman, S. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Penunjang Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif. PROSIDING SENDIKA, 5(1).
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019, February). Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis matematis dalam menghadapi abad ke-21. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 905-910).
Julian, R., & Suparman, S. (2020). Analisis kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics, 1(1).
Khanafi, K., Wardono, W., & Masrukan, M. (2016, February). Penerapan Model Guided Discovery Learning Pendekatan Realistik Berbantuan Google Drive Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 111-120).
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413.
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12.
Lukita, D., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19. AKADEMIKA: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1).
Nurmala, R., & Susanti, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri berbasis Literasi Matematika. Jurnal Borneo Saintek, 2(1), 37-45.
Nuurjannah, P. E. I., Amaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 15-28.
Oktaviranda, A., & Asmara, A. (2021). Kemampuan Literasi Melalui Pengembangan Soal pada Materi Statistika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 15-26.
Pernandes, O., & Asmara, A. (2020). Kemampuan literasi matematis melalui model discovery learning di smp. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 140-147.
Rifai, R., & Wutsqa, D. U. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP negeri Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(2), 152-162.
Rusdi, M. (2018). Penelitian desain dan pengembangan kependidikan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Sari, N. S., Farida, N., & Rahmawati, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Melatih Literasi Matematika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11-23.
Sari, R. H. N. (2015, November). Literasi matematika: apa, mengapa dan bagaimana. In Seminar Nasional matematika dan pendidikan matematika UNY (Vol. 8, pp. 713-720). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugianto, H., Suyitno, A., & Asih, T. S. N. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Menggunakan E-learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis MTs. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 145-157.
Wildani, J., Triyana, I. W., & Mahmudah, W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Literasi Matematis Pada Materi Statistika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 141-150.