Penerapan Teori Perkembangan Mental dalam Hukum Kekekalan Volume Menurut Jean Piaget

Main Article Content

Putri Regina Rahmaningrum
Damaik Uzuka
Aliffia Veda Yasa Editya
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perkembangan mental anak berusia 11-12 tahun dalam memahami konsep kekekalan volume menurut teori perkembangan mental Jean Piaget. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini diambil 8 sampel penelitian diantaranya adalah 2 anak yang usianya dibawah teori, 5 anak yang usianya sesuai teori, dan 1 anak yang usianya di atas teori. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes wawancara dan dipadukan dengan eksperimen sederhana yang dilakukan langsung di depan anak. Dalam penelitian ini, menggunakan gelas dan mangkuk sebagai wadah dengan zat yang digunakan yaitu air. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui ternyata 1 anak yang usianya di bawah teori kurang mampu memahami konsep kekekalan volume, sedangkan 1 anak lainnya yang usianya di bawah teori, 5 anak yang usianya sesuai teori dan 1 anak yang usianya di atas teori sudah mampu memahami konsep kekekalan volume dengan baik dan benar sesuai dengan teori perkembangan mental Jean Piaget.

Article Details

How to Cite
Rahmaningrum, P., Uzuka, D., Yasa Editya, A., & Dewi, N. (2023). Penerapan Teori Perkembangan Mental dalam Hukum Kekekalan Volume Menurut Jean Piaget. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 449-456. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id./sju/prisma/article/view/66888
Section
Articles

References

Jazimi, I. (2020). Perkembangan Mental Anak dan Lingkungannya. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 43-54.
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., & Sripatmi, S. (2021). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Peserta Didik Kelas I Dan II Dalam Memahami Hukum Kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 316-327.