Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Anak Usia 6-11 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Luas

Main Article Content

NURDIANA SYITA KURNIAWATI
‘Aisyah Rahmatu Laili
Iin Ariyas Setyawati
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian teori perkembangan kognitif oleh Jean Piaget pada tahap Operasional Konkret terhadap pemahaman konsep hukum kekekalan luas pada anak usia 8 – 9 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah enam orang anak yang berusia 6 – 11 tahun, dimana satu orang anak berjenis kelamin laki-laki dan lima orang anak lainnya berjenis kelamin perempuan. Ada dua cara dalam melakukan penelitian ini, yaitu melihat video dan melakukan percobaan secara langsung. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian, maka simpulan dari penelitian ini adalah bahwa anak pada usia tahap Operasional Konkret belum semuanya mampu memahami konsep hukum kekekalan luas. Hal ini berarti, hukum kekekalan luas teori Piaget yang menjadi dasar penelitian ini belum tentu terbukti kebenarannya. Selain itu, perlunya pembelajaran yang berbasis penemuan diajarkan kepada anak, sehingga anak akan lebih berkembang tingkat pemikirannya serta dapat mandiri dan kreatif.

Article Details

How to Cite
KURNIAWATI, N., Laili, ‘Aisyah, Setyawati, I., & Dewi, N. (2023). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Anak Usia 6-11 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Luas. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 440-444. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id./sju/prisma/article/view/66886
Section
Articles

References

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1)
Hidayati, K. (2012). Pembelajaran matematika usia SD/MI menurut teori belajar Piaget. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 291-308.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa': Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116-152
Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).