Telaah Model Challenge Based Learning Terintegrasi STEAM berbantuan Sevima Edlink terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

Main Article Content

Vicka Okta Viona
Iwan Junaedi
Adi Satrio Ardiansyah

Abstract

Challenge Based Learning terintegrasi STEAM merupakan pengintegrasian pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) pada model Challenge Based Learning (CBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah model pembelajaran Challenge Based Learning terintegrasi STEAM berbantuan Sevima Edlink terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan teknik mengorganisasikan, menyintesis, dan mengidentifikasi, dan merumuskan. Hasil penelitian ini adalah terbentuknya langkah-langkah CBL terintegrasi STEAM berbantuan Sevima Edlink berdasarkan beberapa literatur yang telah dianalisis dan keterkaitan model CBL terintegrasi STEAM berbantuan Sevima Edlink terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Diperoleh bahwa CBL terintegrasi STEAM berbantuan Sevima Edlink memberikan dampak positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang berpaduan dengan sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika. Dengan model CBL terintegrasi STEAM berbantuan Sevima Edlink, siswa dapat menyelesaikan masalah yang mendesak, mengajukan solusi terkait masalah nyata dan mengambil tindakan yang tepat sehingga memberikan kesempatan siswa untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Lebih lanjut, perlu adanya penelitian terkait instrument dalam model CBL terintegrasi STEAM berbantuan Sevima Edlink pada pembelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
Viona, V., Junaedi, I., & Ardiansyah, A. (2023). Telaah Model Challenge Based Learning Terintegrasi STEAM berbantuan Sevima Edlink terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 557-564. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id./sju/prisma/article/view/66789
Section
Articles

References

Aminah, S., Dwiyati, N. K., & Mulyono. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Kreativitas Melalui Pendekatan Open Ended Problems ( OEP ). Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 51–57. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28865
Annisa. Rifka, M. Haris Effendi Hsb, M. D. (2018). Peningkatan Kemampuan BerpikirKreatif Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), 42–46.
Ardiansyah, A. S., Agung, G. H., Cahya, N. D., & Dinasari, A. (2022). Upaya Mengembangkan Keterampilan 4C melalui Challenge Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 627–637. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Ardiansyah, A. S., Junaedi, I., & Asikin, M. (2018a). Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Unnes Bimbingan Belajar OMEGA Semarang , Indonesia. 7(143), 61–70.
Ardiansyah, A. S., Junaedi, I., & Asikin, M. (2018b). Student’s Creative Thinking Skill and Belief in Mathematics in Setting Challenge Based Learning Viewed by Adversity Quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 61–70.
Ardiansyah, A. S., Mulyono, Mashuri, Fiyanti, R. A., & Hamidah, F. S. (2021). CB-BL model (challenge based on blended learning) for mathematical creativity. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042065
Aristantia, G. (2017). Penerapan science technology engineering art mathematics pada tema air dan kita untuk meningkatkan penguasaan konsep dan mengetahui profil karakter peserta didik SMP. In Universitas Pendidikan Indonesia.
Ayuningsih, F., Malikah, S., Nugroho, M. R., Winarti, W., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2022). Pembelajaran Matematika Polinomial Berbasis STEAM PjBL Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(5), 8175–8187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3660
Fairazatunnisa, Dwirahayu, G., & Musyrifah, E. (2021). Challenge Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1942–1956.
Fajria, R., Musdi, E., & Permana, D. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP. 10(1), 92–102. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11918
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.
Ghufron, N., & Rini, R. S. (2014). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.
Haqq, A. A. (2016). Penerapan Challenge-Based Learning Dalam Upaya Meningkatkankemampuan Pemahaman Konsepmatematika Siswa Sma. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(2), 70. https://doi.org/10.24235/eduma.v5i2.1125
Johnson, L., & Adams, S. (2011). Challenge Based Learning: The Report from Implementation Project. into Young Children’s Beliefs About Austin. In Texas: The New Media Consortium.
Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742
Khotimah, K., & Maghfiroh, L. (2022). Penerapan Kelas Virtual Sevima Edlink untuk Meningkatkan Kemampuan. 5(1).
Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8–13. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025
Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41.
Nasution, W. S. L. (2021). Aplikasi Penunjang Pembelajaran Berbasis TIK dengan Memanfaatkan SEVIMA Edlink di SMPIT Insan Rabbani. Jurnal Abdidas, 2(1), 53–58. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.202
Nawawi, S. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Challenge Based Learning Materi Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Universitas Negeri Sebelas Maret 20, 36. perpustakaan.uns.ac.id
Nichols, M., Cator, K., & Torres, M. (2016). Challenge Based Learner User Guide. Redwood City, CA: Digital Promise.
Noer, S. H. (2011). Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Pembelajaran Matematika Berbsis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 100.
Novandini, C. D., & Luta, M. W. . (2018). Pemanfaatan Kelas Virtual Sevima Edlink Untuk Memotivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1 Matakuliah Aljabar & Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 393–399.
Panjaitan, A. H., & Surya, E. (2017). CREATIVE THINKING (BERPIKIR KREATIF) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA View project CRITICAL THINGKING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA View project. December. https://www.researchgate.net/publication/321849189
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Rachmawati, D. F., Handayanto, I. A., & Utami, R. E. (2020). dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mranggen. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 258–265.
Ramdani, M., & Apriansyah, D. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MTs PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.46
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87
Sari, N. D., & Setiawan, J. (2020). Papan gekola sebagai media pembelajaran matematika yang inovatif dengan pendekatan STEAM. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 3(1), 31–41.
Sari, S. N., Nurdianti, D., & Maulana, B. S. (2022). Telaah pengintegrasian STEAM pada model problem based learning terhadap adversity quotient siswa dalam pembelajaran matematika. PRISMA, Prosiding Seminar …, 5, 598–605.
Wijaya, A. D., Karmila, N., & Mahmudah, R. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) pada Kurikulum Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya, 85–88.
Yuliari, N. K. R., & Hanim, W. (2020). Studi literatur pendekatan pembelajaran STEAM menyongsong era society 5.0. Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar. 26 Oktober 2020, Jakarta, Indonesia.