Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Luas

Main Article Content

Yosua Bryan Kristianto
Amanda Aprilia
Sinta Hidayati
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Teori perkembangan Piaget ada 4 tahapan perkembangan kognitif. Setiap tahapan perkembangan mental mempunyai sifat dan ciri yang berbeda-beda. Pada usia 8 – 9 tahun anak sudah mampu memahami luas suatu benda yang memiliki bentuk berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan mental teori Piaget pada tahap perkembangan konsep hukum kekekalan luas pada anak usia 8 - 9 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi kepada anak dan dilanjutkan wawancara kepada keempat anak tersebut. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 anak, satu anak berusia 6 tahun, dua anak berusia 8 tahun dan 9 tahun, dan satu anak berusia 12 tahun. Penelitian ini dilakukan menggunakan kertas sebagai media penelitian.  Penelitian ini dilakukan dengan melihat gambar secara langsung dan secara virtual. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa keberlakuan teori Piaget hukum kekekalan luas dari keempat anak yang menjadi subjek penelitian, anak yang usianya berada pada tahap perkembangan kognitif Piaget dan anak usia diatas 9  tahun dapat memahami konsep hukum kekekalan luas. Sedangkan pada anak usia 9 tahun dan usia dibawah 8 tahun masih belum memahami konsep hukum kekekalan luas. Hal ini menunjukkan bahwa anak yang usianya sesuai dengan konsep hukum kekekalan luas ternyata belum semua memahami konsep hukum kekekalan luas.

Article Details

How to Cite
Kristianto, Y., Aprilia, A., Hidayati, S., & (Nino Adhi), N. (2023). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Luas. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 513-520. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id./sju/prisma/article/view/66767
Section
Articles

References

Darhim. (2022). Dasar-dasar Pengetahuan Media pembelajaran Matematika. Workshop Matematika Pema4104/modul 1
Marinda, L.(2020). Teori perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematika pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal kajian Perempuan dan Keislaman p-ISSN:2086 -0749 e-ISSN:2654-4784Priyanto, A. Setyo Budi, H. Chrysti, K. (2017). Peningkatan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. article siat ung 368-961-1
Rahmania, B. N. (2018). Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasi Konkret Pada Usia 7-12 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Luas. (Laporan Penelitian Universitas Negeri Semarang). Semarang. Makalah Penelitian Kecil Academia.edu.
Wardi, F. hayati, L. Kurniati, N. Sripatmi. (2021). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Peserta Didik Kelas 1 dan 2 dalam Memahami Hukum Kekekalan. e-ISSSN 2776-124X||p-ISSN 2776-1258