Analisis Hukum Kekekalan Materi Dalam Teori Piaget Menggunakan Metode Kualitatif Observasi

Main Article Content

Putri Nur FItriani
Isma Nur Malicha
Salim Ardiansyah
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pemahaman anak tentang Teori Piaget tentang Hukum Kekekalan Materi. Hukum Kekekalan Materi akan dipahami oleh anak ketika berusia sekitar 7-8 tahun. Pada usia tersebut, anak akan memahami bahwa materi atau zat akan tetap sama banyaknya meskipun diubah bentuk dan tempatnya dipindah. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi langsung kepada subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2022, bertempat di Desa Pakuncen, Kabupaten Wonosobo. Adapun subjek yang diobservasi adalah anak yang berusia 6 tahun, 7 tahun dan 9 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat anomali yang dialami oleh subjek penelitian. Pembuktian teori ini menunjukkan hasil yang kurang sesuai dan tidak dapat dijadikan acuan karena masih ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhinya.

Article Details

How to Cite
FItriani, P., Malicha, I., Ardiansyah, S., & (Nino Adhi), N. (2023). Analisis Hukum Kekekalan Materi Dalam Teori Piaget Menggunakan Metode Kualitatif Observasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 497-500. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id./sju/prisma/article/view/66765
Section
Articles

References

Mu’min, S, A.(2013). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET. Jurnal Al-Ta’dib: 6-1
Pertiwi, W.H.S. Weganofa, R. Pemahaman Mahasiswa Atas Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Refleksi Artikel Hasil Penelitian. LINGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, (10),
Rita L., A. (2010). Pengantar Psikologi Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Ruseffendi, E.T, dkk. (1992), Pendidikan Matematika 3, Jakarta : Depdikbud
Wardi, F. et al.(2021). Kesesuaian teori perkembangan kognitif piaget pada peserta didik kelas I dan II dalam memahami hokum kekekalan. Griya Journal pf Mathematic Education and Application, (1)3.