Kemampuan Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Website Mathnesia Pada Siswa SLB Tunarungu

Main Article Content

Sugiman Sugiman
Bella Fitri Ananda

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematis dalam pembelajaran Flipped Classroom berbantuan website Mathnesia. Metode yang digunakan adalah mixed-method dengan desain sequential explanatory. Populasi yang digunakan yaitu siswa tunarungu kelas XII SLBN  Semarang tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah kelas XII B-1 dan dipilih 6 subjek. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan pembelajaran Flipped Classroom berbantuan website Mathnesia efektif ditandai dengan: (1) kemampuan literasi matematis siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal yang sudah ditetapkan, (2) kemampuan literasi matematis siswa tunarungu mengalami peningkatan setelah penerapan pembelajaran Flipped Classroom berbantuan website Mathnesia, (3) respon siswa terhadap pembelajaran Flipped Classroom berbantuan website Mathnesia bernilai positif. Hasil analisis kualitatif diperoleh deskripsi kemampuan literasi matematis sebagai berikut: (1) subjek dengan KLM tinggi sangat baik dalam mencapai semua indikator KLM, (2) Subjek dengan KLM sedang sangat baik dalam mencapai indikator mathematizing, representation, using symbolic, formal, and technical language and operations, dan using mathematics tools; baik dalam mencapai indikator communication,  reasoning argument, dan devising strategies for solving problems, (3) subjek dengan KLM rendah sangat baik dalam mencapai indikator mathematizing; baik dalam mencapai indikator communication, representation, devising strategies for solving problems, dan using mathematics tools; cukup baik dalam mencapai indikator reasoning argument dan using mathematics tools.

Article Details

How to Cite
Sugiman, S., & Ananda, B. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Website Mathnesia Pada Siswa SLB Tunarungu. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 229-235. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id./sju/prisma/article/view/66725
Section
Articles

References

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran. PRISMA, 1, 364–370.
Creswell, John. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Edu Sains, 4(2), 136–150.
Febrinasti, R., & Sari, A. A. P. (2018). Pentingnya Literasi Matematika untuk Anak Sekolah Dasar Luar Biasa bagian C ( Tuna Grahita ). PRISMA, 1, 208–215. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0APentingnya
Fianingrum, F., Novaliyosi, N, Nindiasari, H., Syamsuri. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pembelajaran Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6865 - 6874.
Khotimah, H. (2021). Perkembangan Literasi Matematika Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman, 1.
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA, 1, 140–144.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Sugiman. (2022). Penggunaan Alat Peraga Untuk Pembelajaran Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Lakeisha.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Wardono, Waluya, S.B., Mariani, S., Candra, D.S. (2016). Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. IOP Journal of Physics. Series 693 (2016) 012014 doi:10.1088/1742-6596/693/1/012014