Implementasi Teori Perkembangan Mental Piaget dalam Hukum Kekekalan Luas

Main Article Content

Aisyatun Nafisah
Siti Khalimatus Sakdiyah
Lola Octavia Araspa
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perkembangan kognitif siswa berumur 8-9 tahun dalam memahami hukum kekekalan luas menurut teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini diperoleh 4 sampel penelitian diantaranya adalah 1 anak berusia dibawah teori, 2 anak sesuai teori, dan 1 anak diatas teori. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes wawancara yang dipadukan dengan eksperimen sederhana. Dalam penelitian ini, menggunakan sebuah kertas HVS yang dibagi menjadi 4 bangun persegi empat kecil yang sama besar. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui ternyata 1 anak dibawah teori kurang mampu memahami konsep kekekalan luas, sedangkan 3 anak sisanya yakni 2 sesuai teori dan 1 di atas teori sudah mampu memahami konsep kekekalan luas dengan baik dan benar sesuai dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget.

Article Details

How to Cite
Nafisah, A., Sakdiyah, S., Araspa, L., & (Nino Adhi), N. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Mental Piaget dalam Hukum Kekekalan Luas. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 132-136. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id./sju/prisma/article/view/66702
Section
Articles

References

Suratno, J.,dkk. 2015. Konsep Kekekalan Bilangan dan Substansi : (Percobaan Pembuktian Teori Perkembangan Kognitif Jian Piaget. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 4 (1)
Wardi F.,dkk. 2021. Kesesuaian teori perkembangan kognitif piaget pada peserta didik kelas I dan II dalam memahami hukum kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application. Vol. 1 (3)